Siapa tidak kenal dengan buah Pepaya…rasanya yang manis dan meyegarkan ini ternyata banyak manfaatnya karena kandungan vitamin C dan A yang baik untuk tubuh. Pohon pepaya pun dapat tumbuh di sekitar pekarangan rumah kita hanya lewat penanaman biji buah pepaya tanpa perawatan khusus pun pepaya dapat tumbuh subur.

Daun Pepaya pun dapat di jadikan sebagai lalapan untuk dikonsumsi meskipun rasanya yang pahit ataupun diramu. bunganya dapat di jadikan sayur yang bisa di olah dengan cara di tumis menjadi masakan yang lezat dan Bijinya bisa di gunakan untuk menyembuhkan cacingan.

Namun pernahkah kita menyadari bahwa terkadang kita seringkali gelisah terhadap Getah pada Buah yang menempel dan sebagian buah pun memiliki getah yang bisa membuat alergi pada kulit namun Getah Buah Pepaya ternyata banyak manfaatnya juga dan berikut manfaatnya serta kandungan zat pada Buah Pepaya

Kadungan dalam Getah Pepaya

Kandungan utama getah papaya adalah enzim – enzim protease (pengurai protein yaitu papain dan kimopapain. Kadar papain dan kimopapain dalam pepaya muda berturut-turut 10% dan 45 %. Kedua enzim ini mempunyai kemampuan menguraikan ikatan-ikatan dalam melekul protein sehingga protein terurai menjadi polipeptida dan dipeptida.

Selain itu dalam getah papaya terkandung lebih dari 50 asam amino, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Zat-zat tersebut berguna dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Manfaat untuk Kulit

Kulit melepuh karena panas dapat kita tolong dengan iris kulit buah pepaya, tampung getahnya dan oleskan, diamkan sehari semalam. Bila bagian yang melepuh agak luas, parutlah pepaya dan daging buahnya ditempelkan.

Terdapat Kutil pada tubuh tentu tidak menarik dan membuat kita kurang percaya diri . ada cara tradisional untuk menghilangkan kutil membandel dengan mengOleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.

Tumit pecah-pecah dan penampilan kaki tidak menarik . bantu dengan Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan 1/4 jam, lalu cuci. Lakukan sekali sehari.

Sakit gigi sangat tidak asik dan membuat bad mood yang paling menyedihkan. cara ini sangat efektif melalui Getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas tunggu beberapa menit. ulang terus menerus.

nah, sedikit info dari saya semoga bermanfaat dan semoga kalian tidak malas lagi mengkonsumsi buah yang satu ini sangat mudah dijumpai dan berjuta manfaat untuk tubuh.