Mengandung buah hati atau hamil merupakan momen yang di tunggu-tunggu setiap pasangan yang telah melangsungkan pernikahan. Kegembiraan dari semua keluarga akan terasa bila mengetahui kehamilan dari seorang istri. sebagai ibu hamil sudah pasti banyak orang yang lebih memperhatikan kesehatan, nutrisi, asupan Vitamin dan lain sebaginya untuk kesehatan jabang bayi.

Namun dalam masa kehamilan bayak sekali keluhan yang di rasakan oleh ibu hamil diantaranya seperti nyeri ulu hati, mual, serta muntah belum lagi ngidam yang aneh-aneh. Terkadang keluhan yang dirasakan oleh ibu hami tersebutm hampir sama seperti keluhan atau gejala pada penyakit maag. Hal ini ternyata bersifat wajar, di karenakan ibu hamil lebih mengalami tekanan di dalam lambung yang di akibatkan oleh tekanan rahim yang berisi bayi.

Terlebih jika sudah menginjak kondisi hamil tua, tekanana akan semakin kuat. Bukan hanya itu saja penyebabnya kandungan hormon saat hamil pun bisa menjadi faktor penyebabnya karena kandungan hormon pada ibu hamil dapat memperlambat pergerakan usus membuat makanan lebih lama tertahan di lambung. Maka dari itu banyak ibu hamil yang bertanya-tanya, apakah obat maag aman di konsumsi oleh ibu hamil? Pertanyaan ini banyak dilontarkan sebagian orang karena banyaknya ibu hamil yang ingin mengetahui tentang keamanan mengkonsumsi obat maag untuk meredakan keluhan yang mirip seperti gejala penyakit maag yang mereka alami pada masa kehamilan.

Mual atau muntah pada ibu hamil yang sering di kenal dengan sebutan Morning sick yang biasannya terjadi pada awal saat hamil, faktor pemicu terjadinya morning sickness diantaranya, usia muda, kegemukan , kehamilan pertama, serta merokok. Namun hal tersebut juga masih pro dan kontar dikarenakan aspek hormonal serta kelainan gerakan usus juga dapat menjadi penyebabnya. Untuk mengantisifasinya sebaiknya ibu hamil menrubah pola makan menjadi lebih kecil jumalahnya dan sesuaikan dengan jadwal juga kurangi makanan berlemak. Namun jika anda sudah melakukan hal yang tadi namun tetap saja merasa mual dan muntah maka anda dapat menggunakan obat anti mual sesuai anjuran dokter.

Obat yang dapat anda gunakan untuk mengatasi mual dan muntah saat sedang hamil diantaranya seperti antasida dan Vitamin B6 yang tentunya haru sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter. Dengan mengkonsumsi obat diatas sesuai dengan anjuran dokter maka akan membantu mengurai keluhan atau gejala mual (penyakit Refluks Gastro- Esofageal atau GERD) yang dialami oleh ibu hamil.

GERD dapat belangsung pada ibu hamil di karenakan perlambatan gerakan usus serta meningkatnya desakan perut pada lambung. jika terjadi GERD sebaiknya anda hanya tidur saja, tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh. hindari posisi membungkuk, jangan tidur setelah makan. Penggunaan obat maag pada ibu hamil hanya sekedar untuk mengurangi keluhan yang dirasakan akibat adanya gejala yang di timbulkan pada masa kehamilan.